Minggu, 06 Mei 2012

sejarah Shuffle DAnce

Sejarah perkembangan Shuffle
SHUFFLE DANCE  'FEVER'
                                              
     LMAFO. Booming dengan hitsnya yang berjudul ‘Party Rock Anthem’. Bersamaan dengan itu pula, demam shuffle dance pun ikut menjadi fenomena. Kata-kata ‘Everyday I’m shuffling’ di dalam lagu itu pun jadi trend termasuk di Indonesia. Shuffle dance merupakan street dance yang pertama kali dibawakan oleh kelompok dance dari Melbourne, Australia. Shuffle Melbourne (begitu namanya) membawakan tariannya ini sekitar pada tahun 1980an. 
                                                 Sebenernya pencipta awalnya si  Paula Abdul, seorang koreografer pada tahun 1980an. Jenis dance ini ngetrend di Australia sekitar pada tahun 2004 dan masuk ke indonesia sekitar tahun 2006.
Sekilas tarian ini mirip dengan gerakan moon walk ala Michael Jackson karna  sama-sama menempelkan kaki pada lantai dan menyeretnya hingga terbentuk sebuah tarian yang sangat unik. Yap, sesuai dengan arti shuffle itu sendiri. Nah, bagi mereka yang menarikan nya akrab di sebut SHUFFLERS.tarian ini kemudian di populerkan lewat musik dan vidio shuffle itu sendiri LMFAO ft. Lauren B ini pun menampilkan shuffle dance dalam video klipnya. Lewat video klip ini pula lah di akui oleh banyak remaja mengenal shuffling. Gerakan dance yang ini agak berbeda dengan dance yang lainnya, karena tariannya menitikberatkan ke kekuatan kaki.  
                                                 Shuffle dance lebih menggabungkan gerakan tangan dengan kaki yang lebih berfokus pada tumit. Gerakannya seputar langkah hopping atau geser yang dilakukan sedemikian rupa pada kecepatan tertentu dan terlihat seperti seorang pelari.Macam-macam gerakan Shuffle yang umum adalah Runningman, Shuffle, Glide, Spin, Spin and Kick dan Extreme Spin. Running Man adalah gerakan berlari di tempat, tapi gak berpindah serupa dengan orang yang berlari dengan menggunakan kecepatan yang teratur . Sedangkan Shuffle adalah pengembangan dari runningman dengan berpindah ke kanan kiri atau depan belakang di ikuti dengan hentakan kaki. Gerakkan glide spin dan glide serta extream spin adalah pengembangkan yang awal atau dasar geraknya adalah runningman dan shuffle.

Shuffle dance ini juga selain terlihat keren dalam gerakannya juga mempunyai manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh, antara lain bisa mengurangi berat badan karena ber-shuffle selama 10 menit sama dengan treadmill selama 30 menit *Ini alesan gue makin pengen shuffle, karna bisa nurunin berat badan coooy*. Selain itu bisa nyehatin badan karena semua indera kita dipakai dalam tarian ini. Bisa melatih keseimbangan tubuh juga loooh. Jadi selain untuk tempat menyalurkan hobi dance dan life style, juga bermanfaat untuk kesehatan.nah soal buat kostum tarian shuffle itu sendiri terserah kepada anda sendiri.tapi, kalo menurut gua lebih baik loo semua peminat tarian shuffle dance jangan pakai celana jeans lah karna akan mempersulit ruang gerak anda sendiri.nih contoh celana dari tarian shuffle;

                                    
                                  
di indonesia sendiri sudah banyak lohh,grup-grup shuffle dance seperti : ASTRO 7,SQUARD BANJARMASIN,SQHUARD ASTRO,KING ROBOT SHUFFLE DANCE,ONETWOSIX SQUARD JAKARTA,dan masih banyak lagi lohhh,..
dan di batam sendiri sudah ada loo grup shuffle dance yg di beri nama BATAM RAVERZ nah grup ini terbentuk pada tangal 9-10-2011 ea wlw pun masih baru terbentuk tapi membernya sudah mencapai 100an gt dah,nah di BATAM RAVERZ sendiri terbagi atas beberapa grup yg sengaja di bentuk untuk turnamen"tertentu ni nama-nama squad BATAM RAVERZ coy:SSS(sonic squad shuffle),BS(breaking shuffle) DLL.
di BATAM RAVERZ kebersamaan sangat di utamakan untuk kepentingan bersama
mw tau lebih jauhtentang aktivitas anak batam raverz datang aja setiap sabtu sore dan minggu pagi.
cukup sekian coyy,gua mw cabut undur diri dulu.....???? ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar